MODEL PEMBELAJARAN SENTRA
ANAK USIA DINI
KELOMPOK
2
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Perencanaan Pembuatan APE
Oleh:
Neni Indriyani (0142S1D017057)
Dosen Pengampu : Irna, S. TP., M.
Pd.
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PG-PAUD)
STKIP
MUHAMMADIYAH BOGOR
TAHUN
2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta
hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah
ini.
Makalah
ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan
Pembuatan APE dengan dosen pengampu Ibu Irna, S. TP., M.Pd..
Dalam
penyusunan makalah ini, penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari
sempurna. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran pembaca yang
bersifat membangun kesempurnaan makalah ini.
Bogor, Nopember 2018
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ............................................................................................ i
Daftar Isi ..................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang ............................................................................. 1
B. Rumusan
Masalah ......................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Model Pembelajaran Sentra ........................................ 2
B. Macam-Macam
Sentra Dalam Model Pembelajaran Sentra .......... 2
BAB III PENUTUP ................................................................................... 6
Lampiran .....................................................................................................
7
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pendidikan
adalah hak warga negara, tidak terkecuali pendidikan di usia dini merupakan hak
warga negara dalam mengembangkan potensinya sejak dini. Berdasarkan berbagai
penelitian bahwa usia dini merupakan pondasi terbaik dalam mengembangkan
kehidupannya di masa depan. Selain itu pendidikan di usia dini dapat
mengoptimalkan kemampuan dasar anak dalam menerima proses pendidikan di
usia-usia berikutnya.
Masa-masa
tersebut merupakan masa kritis dimana seorang anak membutuhkan
rangsangan-rangsangan yang tepat untuk mencapai kematangan yang sempurna.
Berdasarkan karakteristik anak, Sujiono (2009:215) terdapat berbagai model
pembelajaran anak usia dini yang dapat dipilih sesuai dengan situasi dan
kondisi yang berbeda. Model-model pembelajaran pada anak usia dini antara lain;
model keterampilan hidup, model area, model kelompok, model sudut, model
klasikal, model BCCT (Beyond Centre and Circle Time) atau sering disebut model
pembelajaran sentra. Pada dasarnya setiap model pembelajaran PAUD mempunyai
kelebihan dan kekurangan. Model keterampilan hidup, model ini berorientasi pada
pengembangan keterampilan hidup umum (general life skill).
B. Rumusan Masalah
- Apa pengertian model pembelajaran berbasis sentra?
- Apa saja jenis-jenis sentra?
- Apa APE yang bisa digunakan di masing-masing sentra?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Model
Pembelajaran Sentra
Model pembelajaran sentra di kenal
di Indonesia oleh Dr. Pamela Phelp dari Florida. Bermain di pandang sebagai
kerja otak sehingga anak di beri kesempatan untuk memeulai dari mengembangkan
ide hingga tuntas menyelesaikan hasil karyanya “Start and finish”. Dukungan
guru memfasilitasi anak mengembangkan kecakapan berpikir aktif dan anak diberi
keleleuasaan untuk melakukan berbagai kegiatan untuk mendapatkan pengalaman
tentang dunia sekelilingnya.
Model pembelajaran sentra merupakan model pembelajaran
yang menitikberatkan sentra bermain pada saat pembelajaran. Sentra bermain
merupakan area kegiatan yang dirancang di dalam atau di luar kelas, berisi
berbagai kegiatan bermain dengan bahan-bahan yang dibutuhkan dan disusun
berdasarkan kemampuan anak serta sesuai dengan tema yang dikembangkan dan
dirancang terlebih dahulu.
Sentra memungkinkan anak untuk melakukan manipulasi
terhadap berbagi obyek, terlibat dalam role playing saling bercakap-cakap
dengan teman-temannya, bereksplorasi, berinteraksi secara fisik, emosional,
sosial dan secara kognitif serta kegiatan variatif yang menarik lainnya. Sentra
memberikan kesempatan pada anak untuk bermain baik secara individual, kelompok
kecil maupun kelompok besar dan bahkan secara klasikal.
B. Macam-macam Sentra dalam Model Pembelajaran
Sentra
Pada model pembelajaran sentra ada beberapa macam
sentra. Pemilihan sentra yang akan dikembangkan sangat disesuaikan dengan
berbagai multi kecerdasan yang akan dikembangkan antara lain :
1. Sentra Imtaq (Keimanan dan Ketaqwaan)
Pada sentra ini berisi berbagai kegiatan untuk
menanamkan nilai-nilai agama, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha
Esa.
bagus
BalasHapus