Sabtu, 26 Januari 2019

MODEL PEMBELAJARAN SENTRA ANAK USIA DINI


MODEL PEMBELAJARAN SENTRA
ANAK USIA DINI

Description: Image result for logo stkip muhammadiyah bogor

KELOMPOK 2
Diajukan Untuk  Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perencanaan Pembuatan APE
Oleh:
Neni Indriyani (0142S1D017057)

Dosen Pengampu : Irna, S. TP., M. Pd.
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PG-PAUD)
STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR
TAHUN 2018

KATA PENGANTAR

       Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini.
       Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan Pembuatan APE dengan dosen pengampu Ibu Irna, S. TP., M.Pd..
       Dalam penyusunan makalah ini, penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran pembaca yang bersifat membangun kesempurnaan makalah ini.

                                                                                          Bogor,    Nopember  2018

                                                                                                
   Penulis













DAFTAR ISI

Kata Pengantar ............................................................................................  i
Daftar Isi ..................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ............................................................................. 1
B. Rumusan Masalah .........................................................................  1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Model Pembelajaran Sentra ........................................  2
B. Macam-Macam Sentra Dalam Model Pembelajaran Sentra ..........  2
BAB III PENUTUP ...................................................................................  6
Lampiran ..................................................................................................... 7













                       

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Pendidikan adalah hak warga negara, tidak terkecuali pendidikan di usia dini merupakan hak warga negara dalam mengembangkan potensinya sejak dini. Berdasarkan berbagai penelitian bahwa usia dini merupakan pondasi terbaik dalam mengembangkan kehidupannya di masa depan. Selain  itu pendidikan di usia dini dapat mengoptimalkan kemampuan dasar anak dalam menerima proses pendidikan di usia-usia berikutnya.
Masa-masa tersebut merupakan masa kritis dimana seorang anak membutuhkan rangsangan-rangsangan yang tepat untuk mencapai kematangan yang sempurna. Berdasarkan karakteristik anak, Sujiono (2009:215) terdapat berbagai model pembelajaran anak usia dini yang dapat dipilih sesuai dengan situasi dan kondisi yang berbeda. Model-model pembelajaran pada anak usia dini antara lain; model keterampilan hidup, model area, model kelompok, model sudut, model klasikal, model BCCT (Beyond Centre and Circle Time) atau sering disebut model pembelajaran sentra. Pada dasarnya setiap model pembelajaran PAUD mempunyai kelebihan dan kekurangan. Model keterampilan hidup, model ini berorientasi pada pengembangan keterampilan hidup umum (general life skill).
B.  Rumusan Masalah
  1. Apa pengertian model pembelajaran berbasis sentra?
  2. Apa saja jenis-jenis sentra?
  3. Apa APE yang bisa digunakan di masing-masing sentra?






BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Model Pembelajaran Sentra
Model pembelajaran sentra di kenal di Indonesia oleh Dr. Pamela Phelp dari Florida. Bermain di pandang sebagai kerja otak sehingga anak di beri kesempatan untuk memeulai dari mengembangkan ide hingga tuntas menyelesaikan hasil karyanya “Start and finish”. Dukungan guru memfasilitasi anak mengembangkan kecakapan berpikir aktif dan anak diberi keleleuasaan untuk melakukan berbagai kegiatan untuk mendapatkan pengalaman tentang dunia sekelilingnya.
Model pembelajaran sentra merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan sentra bermain pada saat pembelajaran. Sentra bermain merupakan area kegiatan yang dirancang di dalam atau di luar kelas, berisi berbagai kegiatan bermain dengan bahan-bahan yang dibutuhkan dan disusun berdasarkan kemampuan anak serta sesuai dengan tema yang dikembangkan dan dirancang terlebih dahulu.
Sentra memungkinkan anak untuk melakukan manipulasi terhadap berbagi obyek, terlibat dalam role playing saling bercakap-cakap dengan teman-temannya, bereksplorasi, berinteraksi secara fisik, emosional, sosial dan secara kognitif serta kegiatan variatif yang menarik lainnya. Sentra memberikan kesempatan pada anak untuk bermain baik secara individual, kelompok kecil maupun kelompok besar dan bahkan secara klasikal.

B.   Macam-macam Sentra dalam Model Pembelajaran Sentra
Pada model pembelajaran sentra ada beberapa macam sentra. Pemilihan sentra yang akan dikembangkan sangat disesuaikan dengan berbagai multi kecerdasan yang akan dikembangkan antara lain :

1. Sentra Imtaq (Keimanan dan Ketaqwaan)
Pada sentra ini berisi berbagai kegiatan untuk menanamkan nilai-nilai agama, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

1 komentar: